ISIS Ngaku Dalangi Tragedi Bom yang Tewaskan Gubernur Taliban

Forumterkininews.id, Kabul- Ledakan bom yang menewaskan Gubernur Taliban terjadi di provinsi Balkh Afghanistan. Kelompok ISIS mengaku dalang pembunuhan Mohammad Dawood Muzammil pada Kamis (9/3).

Pembunuhan Muzammil terjadi sehari setelah dia bertemu dengan pejabat tinggi pemerintah yang berkunjung dari ibu kota Kabul.  Muzammil dikenal karena perlawanannya terhadap ISIS di daerah tersebut.

Muzammil awalnya ditunjuk sebagai gubernur provinsi timur Nangarhar, tempat dia memimpin perang melawan ISIL, sebelum dipindahkan ke Balkh tahun lalu.

Pada hari Rabu, dia bertemu dengan dua wakil perdana menteri dan pejabat senior lainnya yang mengunjungi Balkh. Untuk meninjau proyek irigasi besar di Afghanistan utara, menurut pernyataan pemerintah.

Kekerasan di seluruh Afghanistan menurun drastis sejak Taliban merebut kendali. Tetapi situasi keamanan kembali memburuk dengan ISIL mengklaim beberapa serangan mematikan.

Pihak berwenang mengerahkan pengamanan ekstra di kegubernuran dan melarang wartawan mengambil foto, seorang koresponden kantor berita AFP melaporkan dari dekat lokasi ledakan.

“Muzammil mati syahid dalam ledakan oleh musuh-musuh Islam”, cuit juru bicara pemerintah Taliban Zabihullah Mujahid.

ISIS sendiri muncul sebagai tantangan keamanan terbesar bagi pemerintah Taliban sejak tahun lalu, melakukan serangan terhadap warga sipil Afghanistan serta orang asing dan kepentingan asing.

Kelompok itu mengatakan sedang berjuang untuk mendirikan “kekhalifahan” Islam global alih-alih tujuan Taliban yang lebih berwawasan ke dalam untuk memerintah Afghanistan yang merdeka.

Artikel Terkait