Jelang Ramadhan, Pejabat Israel dan Palestina Bahas Pembicaraan Damai

Forumterkininews.id, Gaza- Bulan Suci Ramadhan akan tiba dalam hitungan hari. Para pejabat Israel dan Palestina bertemu pada Minggu (19/3) di Mesir. Mereka bertemu untuk berbicara terkait kekerasan yang sudah melonjak jelang bulan suci Ramadhan.

Melansir Reuters, Kementerian Luar Negeri Mesir menyebut pertemuan hari Minggu berlangsung di kota resor Sharm el-Sheikh. Pertemuan itu bertujuan untuk mendukung dialog antara pihak Palestina dan Israel.

Yakni untuk bekerja menghentikan tindakan dan eskalasi sepihak, dan memutus siklus kekerasan yang ada dan mencapai ketenangan.

“Pengurangan kekerasan dapat memfasilitasi terciptanya iklim yang cocok untuk dimulainya kembali proses perdamaian”, tambah pernyataan itu.

Selama setahun terakhir, pasukan Israel telah melakukan ribuan penangkapan di Tepi Barat dan membunuh lebih dari 200 warga Palestina. Termasuk pejuang dan warga sipil, sementara lebih dari 40 warga Israel dan tiga warga Ukraina tewas dalam serangan Palestina.

Tepi Barat yang diduduki Israel telah mengalami gelombang konfrontasi dalam beberapa bulan terakhir, dengan serangan militer Israel hampir setiap hari dan meningkatnya kekerasan oleh pemukim Yahudi, di tengah serentetan serangan oleh warga Palestina.

Pada tahun-tahun sebelumnya Ramadhan kadang-kadang terjadi bentrokan antara polisi Israel dan Palestina, terutama di sekitar kompleks Masjid al-Aqsa Yerusalem, situs tersuci ketiga Islam, yang dipuja sebagai Temple Mount oleh orang Yahudi.

Sementara di Ramadhan  tahun ini yang bertepatan dengan Paskah Yudaisme dan Paskah Kristen, pihak berwenang mengantisipasi adanya bentrokan kembali.

 

Artikel Terkait