Awal Puasa, Jam Macet di DKI Bakal Bergeser

Forumterkininews.id, Jakarta – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memprediksi waktu kemacetan lalu lintas di Jakarta akan berubah saat memasuki bulan Ramadhan 2023.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman memprediksi bahwa  perubahan kemacetan hanya terjadi pada awal puasa Ramadhan.

“Iya mungkin nanti perubahan hanya bergeser waktunya aja. Awal-awal (puasa) aja setelah itu biasa kembali,” ujar Latif, pada Rabu (22/3).

Pergeseran waktu kemacetan pada awal puasa diprediksi terjadi pada sekitar pukul 15.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB.

“Masih biasa (tingkat kemacetan). Datanya juga masih biasa, (tetapi volume kendaraan) agak menambah,” kata Latif.

Sebelumnya, Latif mengatakan bahwa waktu kemacetan juga akan terjadi pada pagi hari saat bulan ramadhan. Kemacetan terjadi ketika ada kecenderungan pengunduran jam kerja, namun demikian aturan itu sesuai instansi masing-masing.

“Iya pagi hari juga. Kalau pagi hari ada pengunduran jam kerja biasanya, nanti kita lihat regulasi dari masing-masing instansi bagaimana,” ujar Latif.

Sementara itu dalam mengatasi kemacetan ini pihak kepolisian telah melakukan antisipasi dengan melakukan pengaturan lalu lintas di titik-titik rawan pada jam macet jelang buka puasa.

“Iya sudah kita antisipasi juga. Kami akan tempatkan personel di titik-titik rawan di samping jalan arteri yang menghubungkan Jakarta dengan daerah penyangga yakni salah satunya di pusat kuliner,” ungkap Latif.

Artikel Terkait