Durasi Puasa di Berbagai Negara, Ada yang Sampai 20 Jam!

Forumterkininews.id, London- Di setiap bulan Ramadhan, masing-masing negara di belahan  dunia memiliki durasi berpuasa yang berbeda-beda. Ada yang tercepat ada pula yang memiliki durasi puasa paling lama.

Perbedaan jam puasa pada hakekatnya disebabkan perbedaan panjang hari antara satu daerah dengan daerah lainnya. Ini ada hubungannya dengan waktu dalam setahun, jarak dari khatulistiwa, dan beberapa hal sains lainnya yang membuat matahari tampak lebih panjang atau lebih pendek tergantung di mana Anda berada.

Melansir berbagai sumber, lokasi dengan jam buka puasa paling lama di dunia yakni :

Nuuk, Greenland

Dimana puasa di Nuuk, Greenland diamati selama 20 jam, yang merupakan jam puasa terlama dari semua tempat.

Warsawa, Polandia.

Di ibu kota Warsawa, Polandia, umat Islam harus menjalani puasa 12 jam 35 menit selama  bulan Ramadhan.

London, Inggris.

Kota terbesar sekaligus ibu kota Inggris dan Inggris Raya, London juga memiliki jam puasa terlama bagi umat Islam. Total 16 hingga 17 jam siang hari membuat puasa di sini menjadi prestasi yang luar biasa.

Paris, Prancis

Ibukota dan kota terpadat di Prancis, Paris, juga memiliki jam puasa terpanjang untuk tahun 2023. Umat Islam di Paris harus menemukan diri mereka sendiri untuk bertahan selama 13 jam 57 menit penyerahan diri.

Ottawa, Kanada
Negara paling utara di Amerika Utara ini menantang tekad seorang Muslim dengan menawarkan waktu puasa 13 jam 32 menit. Mereka yang menjalankan puasa Ramadhan di Ottawa disarankan untuk menjaga kebugaran dengan menyediakan asupan nutrisi yang cukup selama sahur.

Kota-kota lain seperti Lisbon (Portugal), Athena (Yunani), Beijing (China), Washington DC (AS), Pyongyang (Korea Utara), dan Ankara (Turki) juga memiliki jam puasa selama 15 hingga 16 jam.

(ilustrasi/IQNA)

Sementara itu, lokasi di belahan dunia dengan durasi puasa tercepat adalah :

Brasilia, Brasil – 12 hingga 13 jam
Harare, Zimbabwe – 12 hingga 13 jam
Johannesburg, Afrika Selatan – 11 hingga 12 jam
Buenos Aires, Argentina – 11 hingga 12 jam
Cape Town, Afrika Selatan – 11 hingga 12 jam
Christchurch, Selandia Baru – 11 hingga 12 jam
Ciudad del Este, Paraguay – 11 hingga 12 jam
Montevideo, Uruguay – 11 hingga 12 jam
Rata-rata jam puasa di kota-kota di atas hanya sekitar 11 hingga 12 jam.

BACA JUGA:   Polri Dalami Dugaan Keterlibatan Tiga Kapolda Terkait Kasus Ferdy Sambo

Rata-rata jam puasa di seluruh dunia

Sementara tempat-tempat di atas mewakili setiap ujung spektrum, rata-rata jam puasa di beberapa negara besar di dunia cenderung berada di antara 13 hingga 14 jam. Berikut adalah jam puasa Ramadhan di beberapa negara.

Timur Tengah
Negara-negara di Timur Tengah, seperti UEA, Arab Saudi, Qatar, dan sebagainya, umumnya berpuasa selama 14 hingga 15 jam. Meskipun jamnya tidak sepanjang beberapa tempat dalam daftar sebelumnya, puasa di negara-negara ini mungkin terbukti lebih menantang karena panas yang tak kenal ampun.

(Ilustrasi/Pinterest)

Asia Tenggara
Muslim di Thailand, Indonesia, Malaysia dan Singapura biasanya memiliki jam puasa rata-rata 12 sampai 14 jam per hari. Relatif singkat jika dibandingkan dengan daerah lain di belahan bumi utara.

Afrika
Dengan pengecualian Afrika Selatan, umat Islam di negara-negara Afrika seperti Ethiopia, Senegal, dan Nigeria rata-rata berpuasa sekitar 13 hingga 14 jam.

Amerika Utara dan Selatan
Umat ​​Islam yang tinggal di negara-negara Amerika Selatan, seperti Argentina, Brazil, Chili dan sebagainya, berpuasa selama 11 sampai 13 jam, dengan mempertimbangkan lokasi persisnya.

Di sisi lain, Muslim yang tinggal di Amerika Utara harus berurusan dengan jam kerja yang lebih lama, hingga 15 hingga 16 jam, di Kanada dan AS.

Eropa
Di negara-negara seperti Prancis dan Swiss, waktunya lebih lama. Muslim di wilayah tersebut berpuasa sekitar 16 hingga 17 jam, sementara mereka yang tinggal di Yunani, Italia, dan Spanyol berpuasa selama 15 hingga 16 jam.

Artikel Terkait