Ada Ancaman Bom, 42 Bandara di Filipina Siaga Tinggi

Forumterkininews.id, Manila- Filipina telah menempatkan 42 bandara dalam status siaga tinggi, usai ancaman bom yang diterima melalui email membuat panik penumpang pada Jumat, (6/10).

“Langkah-langkah keamanan segera berlaku di seluruh bandara komersial Filipina,”kata Otoritas Penerbangan Sipil Filipina (CAAP), melansir Reuters.

Saat ini, peringatan adanya ancaman bom tersebut dalam tahap verifikasi. Bahkan sejumlah maskapai sampai menunda jadwal penerbangannya.

“Meskipun informasi tersebut dalam validasi, namun perlu meningkatkan langkah-langkah keamanan tinggi di seluruh bandara,” imbuh mereka.

Peringatan adanya ancaman bom awalnya muncul dari petugas keamanan udara Filipina melalui email. Mereka seketika berkoordinasi dengan pihak bandara dan memasang status siaga tinggi.

Sejumlah penerbangan antara lain ke Cebu, Bicol, Davao dan Palawan menjadi terganggu.

Pulau Cebu dan Palawan merupakan destinasi populer bagi wisatawan asing.

Menteri Perhubungan, Jaime Bautista, mengatakan telah mengerahkan patroli dan unit K9 ke seluruh terminal bandara internasional Manila. Dengan lembaga penegak hukum telah berkoordinasi untuk melakukan penyelidikan.

“Sejauh ini tidak ada dampak terhadap penerbangan terjadwal apa pun. Kami ingin memastikan masyarakat yang melakukan perjalanan harus sesuai protokol,”jelasnya.

Artikel Terkait