Dua Panelis Unhan di Debat Capres Bikin Kandidat Lain Ketar-ketir?

FTNews – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah memutuskan 11 nama panelis dalam debat ketiga capres, Minggu (7/1) di Istora Senayan, Jakarta Pusat.

Dua dari 11 nama panelis tersebut merupakan pakar akademisi asal Universitas Pertahanan (Unhan). Yakni pakar keamanan Universitas Pertahanan, Kusnanto Anggoro dan Ketua Dewan Guru Besar Universitas Pertahanan, Laksamana (Purn) Marsetio.

Kehadiran dua nama tersebut pun sempat diprotes cawapres 01 Muhaimin Iskandar.

Kata pria yang dipanggil Cak Imin ini, secara relasi dua panelis asal Unhan itu berada di bawah Kementerian Pertahanan.

Yang mana saat ini, pimpinannya adalah Prabowo Subianto yang juga capres nomor urut 2 di Pilpres 2024.

“Jangan sampai independensi dan intelektualitas kita terganggu gara-gara atasan bawahan,” ujar Cak Imin usai berziarah ke Makam Sunan Ampel, di Surabaya, Sabtu (6/1) malam.

Partner duet Anies Baswedan itu pun meminta publik mengawasi dua panelis asal Unhan tersebut.

“Itu kewenangan KPU ya, tapi tentu masyarakat dan kita harus awasi,”ungkapnya.

Sementara itu, Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis yakin, kedua panelis akan netral dan teka membocorkan daftar pertanyaan.

“Mudah-mudahan tidak ada yang bocor ya,”katanya kepada wartawan, Kamis (4/1) lalu.

Integritas Terjamin

Sementara itu, Ketua KPU Hasyim Asy’ari meyakini para panelis asal Unhan di akan tetap menjaga integritasnya di debat ketiga.

“Jadi kita meyakini semuanya punya integritas lah para panelis itu. Toh nanti apa pun yang ditulis panelis pertanyaan itu ada 18 pertanyaan sebagaimana yang sudah pada debat pertama maupun kedua. Itu mekanisme pengambilannya mekanisme undi secara bertingkat,” kata Hasyim di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Jumat (5/1).

Sebagai informasi, debat ketiga capres akan berlangsung mulai pukul 19.00 WIB. Stasiun TV yang akan menayangkannya adalah MNC Group. Yakni MNC TV, I News, RCTI, dan GTV.

Artikel Terkait