Ada Topan Gabrielle, Selandia Baru Batalkan Ratusan Penerbangan

Forumterkininews.id, Auckland- Ratusan penerbangan di Selandia Baru terpaksa dibatalkan. Karena negara itu bersiap menghadapi serangan topan terparah kedua dalam hitungan minggu.

Topan bernama  Gabrielle itu telah menghantam bagian utara Selandia Baru dengan kecepatan angin lebih dari 80 mph dan curah hujan 10 inci diperkirakan terjadi di Auckland.

Ribuan rumah juga telah kehilangan aliran listrik dengan beberapa jalan ditutup di Selandia Baru bagian utara.

Sementara dampak penuh badai diperkirakan akan melanda pada Minggu malam dan Senin, pakar cuaca telah memperingatkan bahwa warga Selandia Baru mungkin masih mengalami kondisi buruk hingga Selasa.

Melansir SkyNews, Manajemen Darurat Auckland mengatakan sedang bekerja untuk membangun dan menjalankan 26 tempat penampungan darurat di kota terbesar Selandia Baru untuk mengantisipasi dampak topan tersebut.

Maskapai nasional negara itu membatalkan semua penerbangan domestik ke dan dari Auckland serta beberapa penerbangan internasional.

Perdana Menteri Selandia Baru Chris Hipkins mengatakan: “Tolong tanggapi ini dengan serius, kami memperkirakan cuaca buruk akan segera terjadi,” mengingatkan pada personel evakuasi darurat untuk selalu siap.

Topan Gabrielle datang hanya dua minggu setelah Auckland mengalami hari terbasah yang pernah tercatat di kota itu.

Air banjir yang naik dengan cepat menewaskan empat orang, menghancurkan puluhan rumah dan menyebabkan kerusakan yang meluas.

Artikel Terkait