AIPA Sepakat Bentuk Panitia Ad Hoc Tuntaskan Konflik Myanmar

Forumterkininews.id, Jakarta- Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon mengatakan sidang Komite Politik ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) ke-44 menyepakati pembentukan komite ad hoc dalam upaya membantu Myanmar mencapai solusi damai dan berkelanjutan.

“Diskusi berlangsung dinamis. Tetapi, akhirnya kita bisa mencapai konsensus. AIPA mengeksplorasi kemungkinan terbentuknya ad hoc committee yang bisa menjadi bagian dari upaya untuk membantu proses perdamaian di Myanmar,” ujar Fadli  usai pertemuan AIPA di Jakarta, Selasa (8/8).

Fadli menyampaikan komitmen BKSAP DPR RI dengan segenap anggota AIPA dalam membantu terwujudnya perdamaian di Myanmar. Dia menegaskan pentingnya diplomasi parlemen khususnya ASEAN dalam membantu penyelesaian konflik di internal Myanmar.

“Dua hal dari kita yang tadi menjadi bagian diperdebatkan akhirnya bisa disetujui menjadi resolusi dan akan dibawa di dalam pleno besok,” jelas Fadli.

Sebelumnya dalam sesi Komisi Politik, Indonesia mengusulkan dua draft resolusi. Pertama, draf resolusi menjaga perdamaian, keamanan, dan stabilitas kawasan melalui dialog dan kerjasama. Hal ini dimaksudkan untuk menekankan pentingnya penguatan kerjasama antar Negara Anggota ASEAN dalam semangat sentralitas dan persatuan ASEAN.

“Kedua, draf resolusi kerja sama parlemen untuk mencapai perdamaian jangka panjang di Myanmar. Melalui resolusi ini, Indonesia menegaskan kembali semangat kolektif dalam memulihkan perdamaian dan demokrasi di Myanmar melalui implementasi Konsensus Lima Poin tentang Myanmar,”paparnya.

Resolusi tersebut diharapkan dapat menjadi pencapaian bagi upaya menciptakan perdamaian di Myanmar, mengingat Lima Poin Kesepakatan ASEAN (Five-Point Consensus ASEAN) yang disepakati pada 2021 lalu hingga kini belum diimplementasikan oleh pemerintah junta militer Myanmar.

Artikel Terkait