Akhirnya iPhone 16 Resmi Meluncur, Ini Dia Spek dan Harganya

FT News – Akhirnya Apple resmi merilis jajaran seri terbaru ponsel flagship mereka. iPhone 16 hadir dengan sejumlah pembaruan. Peluncuran seri terbaru ini diumumkan oleh CEO Apple, Tim Cook dan timnya dalam acara ‘It’s Glowtime’ yang digelar di markas Apple di Cupertino, California, Amerika Serikat, Senin (9/9) waktu setempat.

iPhone 16 hadir dengan empat varian yaitu iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max. Sementara itu, iPhone 16 dan iPhone 16 Plus hadir dengan chipset terbaru yaitu A18.

Diketahui A18 dirancang untuk mengusung Apple Intelligence. Chip ini menawarkan kapasitas memori yang lebih besar dan Neural Engine 16-core terbaru. Apple mengklaim bahwa chip A18 ini dapat menghasilkan lompatan besar di sisi performa dan efisiensi serta peningkatan daya tahan baterai.

“iPhone generasi berikutnya dirancang untuk Apple Intelligence sejak awal. Ini menandai dimulainya era baru yang menarik,” tutur Tim Cook saat peluncuran produknya.

varian iPhone 16. (Foto: Ist)

iPhone 16 hadir dengan layar OLED display berukuran 6,1 inch. Layarnya memiliki resolusi 2556×1179 pixel dengan 460 pixel per inch (ppi). Sementara, iPhone 16 Plus hadir dengan layar yang lebih besar yaitu 6,7 inch.

Kedua layar ini mendukung teknologi Super Retina XDR, HDR dan memiliki lapisan pelindung oleophobic serta kaca keramik tahan gores. Tingkat kecerahan maksimalnya 2.000 nits. Selain itu, posisi kamera pada iPhone 16 dan iPhone 16 Plus mengalami perubahan. Jika sebelumnya pada iPhone 15 kamera belakang tersusun secara diagonal, kini berubah menjadi vertikal.

Kedua ponsel ini dilengkapi dengan kamera belakang ganda, dengan kamera utama 48 MP yang memiliki teknologi Sensor-shift OIS, sementara kamera kedua adalah kamera ultra-wide 12 MP.

Dikutip dari Apple Newsroom, Selasa (10/9), kamera Fusion 48 MP memungkinkan opsi Telefoto dua kali kualitas optik. Sementara, kamera Ultra Wide 12 MP baru memungkinkan fotografi makro hingga menangkap cahaya 2,6x lebih banyak untuk kualitas gambar yang lebih tinggi.

Desain kedua varian iPhone ini tetap elegan dengan bahan kaca di bagian belakang dan bingkai aluminium. Kedua varian ini juga sudah memiliki sertifikasi IP68 yang tahan air dan debu. iPhone 16 dan iPhone 16 Plus hadir dengan lima pilihan warna yaitu hitam, putih, pink, ultramarine dan teal.

BACA JUGA:   Real Count KPU 54,91 Persen: Prabowo-Gibran Masih Teratas

Ponsel baru ini juga dilengkapi fitur kecerdasan buatan (AI), Apple Intelligence. Teknologi ini disebut memanfaatkan kemampuan Apple silikon untuk memahami dan menciptakan bahasa dan gambar, melakukan tindakan di seluruh aplikasi, serta memanfaatkan konteks personal untuk menyederhanakan dan mempercepat tugas sehari-hari.

Apple Intelligence dapat dimanfaatkan penggunanya untuk meningkatkan kemampuan menulis dan komunikasi agar lebih cepat.

Varian iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max yang memiliki bodi titanium. (Foto: Ist)

Dari sisi harga, sebelumnya iPhone 15 dibanderol mulai dari 799 US Dollar atau sekitar Rp12,3 juta. Sedangkan iPhone 16 Plus dijual dengan harga mulai dari 899 US Dollar atau sekitar Rp13,8 juta.

Jajaran iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max hadir dengan ukuran yang sedikit lebih besar yaitu 6,3 inch dan 6,9 inch. Sama seperti pendahulunya, iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max juga hadir dengan bodi yang terbuat dari titanium. Dua varian ini juga telah dilengkapi dengan tombol Camera Control dan Action Button seperti iPhone 16.

Kedua varian ponsel ini didukung chip A18 Pro, yang dibangun dengan teknologi 3nm. Chip ini menawarkan kapasitas memori yang lebih besar dan Neural Engine 16-core terbaru.

iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max menyematkan tiga kamera di bodi belakang dengan kamera utama 48 MP Fusion Camera. Selain itu, ada juga kamera ultra-wide 48 MP dan telephoto 12 MP tetraprism dengan kemampuan zoom optic 5x.

Seperti halnya varian iPhone 16 dan iPhone 16 Plus, kedua varian ini juga dibekali dengan fitur Apple Intelligence.

“Apple Intelligence menjaga privasi dan keamanan data pengguna dengan Komputasi Cloud Pribadi. Pendekatan inovatif ini memberikan kemampuan untuk menyesuaikan dan meningkatkan kapasitas komputasi antara pemrosesan di perangkat dan model berbasi server yang lebih besar yang berjalan di server Apple silicon khusus,” tulis Apple.

iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max akan tersedia dalam warna titanium hitam, natural, putih dan desert. Keduanya mengusung kapasitas penyimpanan 128 GB, 256 GB, 512 GB dan 1 TB. iPhone 16 Pro dibanderol mulai dari 999 US Dollar atau sekitar Rp15,4 juta, sedangkan iPhone Pro Max dijual dengan harga mulai dari 1.199 US Dollar atau sekitar Rp18,5 juta. 

 

Artikel Terkait