Alami Infeksi Pernapasan, Paus Fransiskus Dilarikan ke RS

Forumterkininews.id, Vatikan- Paus Fransiskus dilaporkan mengalami infeksi pernapasan dan perlu menjalani perawatan selama beberapa hari di rumah sakit di Roma, Italia.

Melansir BBC, pernyataan dari Vatikan menyebut Paus yang kini berusia 86 tahun itu mengalami kesulitan bernapas dalam beberapa hari terakhir tetapi tidak mengidap Covid.

Dikatakan dia akan membutuhkan beberapa hari terapi medis rumah sakit yang sesuai.

“Paus Fransiskus tersentuh dengan banyaknya pesan yang diterima dan mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kedekatan dan doanya,” tambah pernyataan itu.

Menurut laporan, tahun ini adalah waktu tersibuk i bagi Paus Fransiskus, dengan banyak acara dan kebaktian yang dijadwalkan menjelang akhir pekan Paskah.

Misa Minggu Palem dijadwalkan akhir pekan ini, dan perayaan Pekan Suci serta Paskah digelar minggu depan.

Dia juga dijadwalkan mengunjungi Hungaria pada akhir April.

Pada Rabu pagi, dia memimpin audiensi umum mingguannya di Lapangan Santo Petrus. Dia tampak bersemangat tetapi terlihat meringis saat dia dibantu masuk ke dalam kendaraannya.

Vatikan awalnya mengatakan Paus telah pergi ke rumah sakit untuk pemeriksaan yang dijadwalkan sebelumnya, tetapi media Italia mempertanyakan akun ini setelah wawancara televisi dibatalkan dalam waktu singkat.

Paus juga  telah menggunakan kursi roda dalam beberapa bulan terakhir karena masalah mobilitas terkait lututnya.

Ia pun menjalani operasi untuk mengatasi masalah usus besar pada 2021. Pada Januari, ia mengatakan kondisinya sudah kembali.

Terlepas dari penyakitnya, Paus tetap aktif dan melakukan perjalanan ke luar negeri. Dia mengunjungi Republik Demokratik Kongo dan Sudan Selatan pada bulan Februari.

Pada bulan Januari, Paus memimpin pemakaman pendahulunya Paus Benediktus XVI – yang merupakan paus pertama yang mundur secara sukarela selama berabad-abad. Hal itu, kata dia, karena kondisi kesehatan yang buruk.

BACA JUGA:   Badai Paling Dingin Diprediksi Hantam California Minggu Ini

Paus Francis sebelumnya telah mengindikasikan bahwa dia mungkin juga ingin mengikuti jejak Benediktus jika kesehatannya memburuk.

Artikel Terkait