Amerika Hapus Simbol Allah, Iran Protes ke FIFA

Forumterkininews.id, Doha – Federasi sepak bola Iran telah mengeluh kepada FIFA. Hal ini setelah lambang Republik Islam dicabut dari benderanya di postingan media sosial oleh tim Amerika Serikat.

Suasana pertandingan antara Iran melawan Amerika Serikat memanas jelang lanjutan laga Grup B. Pasalnya, AS menghapus simbol Allah dalam grafik yang diposting di Twitter, Facebook, dan Instagram.

AS mengatakan mereka memutuskan untuk tidak menggunakan bendera resmi Iran. Hal ini untuk menunjukkan “dukungan bagi perempuan di Iran yang memperjuangkan hak asasi manusia”, di tengah protes massal anti-pemerintah di negara itu.

Protes di Iran, bertemu dengan tindakan keras yang sengit, telah dipicu oleh kematian Mahsa Amini dalam tahanan pada bulan September.

Seorang wanita berusia 22 tahun yang ditahan oleh polisi moralitas karena diduga melanggar aturan ketat seputar penutup kepala.

“Dalam tindakan tidak profesional, halaman Instagram federasi sepak bola AS menghapus simbol Allah dari bendera Iran,” kata kantor berita negara Iran IRNA.

“Federasi Sepak Bola Iran telah mengirim email ke FIFA [badan sepak bola dunia]. Kami meminta FIFA menuntut agar mengeluarkan peringatan serius kepada federasi AS.”

Artikel Terkait

Atlet Terbaik Perpanas XVII Bakal Disiapkan untuk Paralimpiade Los Angeles 2028

FTNews, Surakarta--- Atlet terbaik Peparnas XVII Solo akan dipersiapkan...

Menpora: Peparnas Ajang Lahirkan Atlet Penyandang Disabilitas Berbakat

FTNews, Surakarta--- Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII Solo 2024...