Anwar Ibrahim Dilantik jadi PM Baru Malaysia

Forumterkininews.id, Kuala Lumpur - Anwar Ibrahim, mantan wakil perdana menteri Malaysia mengambil sumpah jabatan pada Kamis (24/11) untuk secara resmi menjadi perdana menteri baru negara itu.

Anwar, yang memimpin koalisi Pakatan Harapan (PH), terlihat mengenakan pakaian tradisional Melayu dalam siaran langsung pelantikannya.

Melansir Xinhua, Anwar, 75, pernah menjabat sebagai wakil perdana menteri di bawah mantan perdana menteri Mahathir Mohamad dari 1993 hingga 1998 di pemerintahan Barisan Nasional (BN).

Setelah berselisih dengan Mahathir, Anwar kemudian membentuk Partai Keadilan Rakyat, yang dikenal dengan nama  PKR. Portofolio bidang kepemudaan dan olah raga, pendidikan, pertanian dan keuangan pernah dipegangnya selama karir politiknya di BN.

Usai dilantik, Anwar mengatakan fokus utama pemerintahannya adalah peremajaan ekonomi. Kemudian stabilitas politik dan memastikan hubungan antar masyarakat yang baik. Terutama antara berbagai kelompok etnis dan agama di negara itu.

“Ini adalah pemerintah persatuan nasional. Semua diterima selama anda menerima anti-korupsi, pemerintahan yang baik dan Malaysia untuk semua warga Malaysia,” katanya dalam konferensi pers pada Kamis malam setelah upacara pelantikannya.

Anwar berjanji memfokuskan upayanya pada perang melawan korupsi yang merajalela. Serta memastikan pemerintahan yang baik, peradilan yang independen, dan kesejahteraan rakyat.

Artikel Terkait