Anwar Minta PNS Malaysia Lebih Berani Speak Up

Forumterkininews.id, Kuala Lumpur- Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim telah meminta Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk berbicara menentang tindakan pemerintah yang dianggap melanggar aturan dan peraturan.

Dalam pidato bulanannya kepada staf Departemen Perdana Menteri pada Senin (16/1), Anwar mengatakan bahwa pegawai negeri harus bertindak sebagai check and balance dan berbicara menentang tindakan yang mungkin melanggar hukum.

“Di Kementerian Keuangan banyak berkas yang meragukan. Mudah menyalahkan petugas. Tapi kalau ada instruksi dari menteri atau bahkan perdana menteri, tentu pejabat akan mematuhinya,” kata Anwar, yang juga menteri keuangan dikutip Reuters.

Anwar menyebut bahwa tidak ada menteri, bahkan dirinya sendiri  yang boleh luput dari pengawasan.

“Tetapi sekarang saya telah memberikan instruksi yang jelas bahwa jika ada menit yang datang dari perdana menteri sendiri yang bertentangan dengan hukum, saya harus diberitahu tentang masalah tersebut,”tandasnya.

Pada saat yang sama, Anwar mengatakan bahwa pegawai negeri dan anggota kabinetnya harus bekerja untuk mengimplementasikan perubahan dalam pemerintahan nasional.

Dalam pidato pertamanya kepada pegawai negeri setelah dilantik sebagai perdana menteri pada 24 November, Anwar menyatakan bahwa pemerintah di bawah kepemimpinannya tidak akan membiarkan kebocoran keuangan dan korupsi.

“Kita harus mengembalikan citra aparatur sipil negara yang sudah tercoreng. Ini hanya bisa dilakukan melalui perubahan,” katanya, menurut Free Malaysia Today.

Artikel Terkait