Apa Itu Resolusi Tahun Baru dan Bagaimana Tips Mewujudkannya?

Forumterkininews.id, Jakarta – Sudah tinggal menghitung bulan menuju awal tahun 2023. Setiap tahun Anda tentu memiliki resolusi yang coba diwujudkan. Terus, bagaimana tips agar hal itu terwujud?

Perayaan Tahun Baru memang identik dengan pesta meriah dan pertunjukan kembang api. Selain itu, sejumlah orang juga menyusun resolusi tahun baru untuk menyambut 2023.

Lalu apa itu resolusi Tahun Baru? Bagaimana cara mewujudkannya? Penting tidak, sih, kita menyusun resolusi setiap tahun baru? Simak informasi yang sudah kami siapkan berikut ini.

Apa Itu Resolusi Tahun Baru? Ini Jawabannya

Resolusi Tahun Baru merupakan harapan yang disusun agar segalanya di tahun selanjutnya dapat berjalan sesuai yang diinginkan. Dilansir dari situs Dictionary Cambridge, resolusi Tahun Baru adalah janji yang dibuat pada diri sendiri untuk mulai melakukan sesuatu yang baik atau berhenti melakukan sesuatu yang buruk mulai dari hari pertama di Tahun Baru.

Naufal Abdullah yang merupakan mahasiswa Teknik Kimia di Universitas Indonesia ia menjelaskan pengertian resolusi bagi dirinya,

“Resolusi menurut gua adalah sebuah target pencapaian seseorang untuk setahun kedepan. Terlepas dari tercapai atau ngganya, at least ada tujuan yang mau dicapai, semacam grand design untuk setahun kedepan lah ya,” jelasnya dalam wawancara di PPM Al-Faqih Mandiri Depok.

“Resolusi tuh lebih ke tujuan yang mau gue capai, sih. Beberapa harus tercapai, beberapa juga opsional dan bisa dilakukan di tahun-tahun selanjutnya,” papar mahasiswa tingkat 3 itu.

Naufal juga menyebutkan beberapa resolusi Tahun Baru yang ia rencanakan, seperti: lulus kuliah dengan IPK memuaskan, mendapat pekerjaan setelah lulus, lebih banyak makan makanan bergizi (menghindari makan junk food), dan masih banyak lagi.

Sama dengan Bulan Kartika yang juga mahasiswa Ilmu Ekonomi di Universitas Indonesia, ia membuat resolusi untuk dijadikan pedoman pencapaian di setiap tahun baru.

BACA JUGA:   5 Lagu Puput Novel yang Paling Banyak Diputar di Spotify

“Karena sekarang sudah kuliah semester 3, pastinya resolusi yang gua tekankan adalah dapet IPK di atas 3,75. Karena untuk bekal nanti ketika kita mencari pekerjaan. Meski IPK bukan satu-satunya kriteria kesuksesan, tapi IPK termasuk kriteria penting di beberapa perusahaan,” jelas Bulan.

Di momen Tahun Baru ini banyak orang berharap resolusi tahun barunya dapat berjalan dengan lancar. Namun, kebanyakan dari resolusi tersebut gagal terlaksana.

Dilansir dari New York Times, berikut adalah cara agar resolusi Tahun Barunya dapat terwujud:

  1. Resolusi harus benar-benar spesifik.
  2. Susun resolusi yang tidak mustahil untuk diraih.
  3. Pastikan bahwa resolusi tersebut benar-benar penting.
  4. Batasi waktu dalam mewujudkan resolusi.
  5. Susun resolusi yang bermakna bagi diri Anda.

Naufal juga memberikan tips agar tercapainya sebuah resolusi, yang mana tips ini ia terapkan pada dirinya.

“Menurut gua, agar tercapainya resolusi adalah komitmen dan determinasinya digedein, seberapa jauh lo mau resolusi itu tercapai terus effort yang mau lo keluarin itu seberapa besar,” katanya.

“Soalnya dari pengamatan gua, khususnya ke diri gua sendiri, kenapa orang bilang resolusi tahun baru sekarang jadi ‘kebohongan’ belaka, ya karena memang kurang effort aja buat ngejar dan ga komitmen sama apa yang mau dia jalanin.”

Oleh karena itu, semua resolusi yang telah kita buat pun itu perlu komitmen yang harus diingat selalu. Sehingga resolusi tahun baru tercapai dan tidak percuma, sekaligus kita belajar untuk bertanggung jawab dengan apa-apa yang sudah direncanakan di awal tahun ini. Semoga resolusi tahun 2023 teman-teman bisa tercapai ya, ingat tips di atas!

Artikel Terkait

Dibongkar Nikita Mirzani, Vadel Badjideh Ternyata Baru Bebas dari Penjara

Nikita Mirzani serius akan menjebloskan Vadel Badjideh, kekasih putrinya,...

Mengenal Marga Badjideh, Apa Benar Keturunan Nabi Muhammad SAW?

FT News - Nikita Mirzani bersikap tegas dengan membawa...

Laporkan Vadel Badjideh, Nikita Mirzani Bawa Lolly ke Polres Jaksel buat Diperiksa

Nikita Mirzani membawa anaknya, Laura Meizani Nasseru Asry alias...

Jimi Hendrix Gitaris Paling Ikonik Sepanjang Masa Versi Billboard

FT News - Jimi Hendrix dinobatkan sebagai gitaris paling...