APDESI Kembali Unjuk Rasa di Gedung DPR, 2.730 Personel Siaga

FTNews – Sejumlah personel gabungan siap mengamankan aksi unjuk rasa yang Asosiasi Kepala Desa dan Perangkat Desa yang tergabung dalam Aksi Bersama Desa Jilid IV gelar di depan Gedung DPR/MPR RI, Jakarta Pusat, Selasa (6/2).

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengatakan, pihaknya telah memiliki ribuan personel untuk pengamanan aksi tersebut.

“Dalam rangka pengamanan aksi bersama Desa di depan Gedung DPR RI, kami melibatkan sejumlah 2.730 personel,” kata Susatyo, dalam keterangannya, Selasa (6/2).

Lebih lanjut Susatyo menjelaskan personel gabungan tersebut berasal dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda DKI dan instansi terkait.

Nantinya personel gabungan itu akan ditempatkan di sejumlah titik sekitar DPR RI yang menjadi pusat lokasi unjuk rasa.

“Hasil evaluasi aksi unjuk rasa sebelumnya, massa melakukan aksi bakar ban, menutup jalan tol dan merusak pagar Gedung DPR RI. Untuk aksi unjuk rasa hari ini, hal tersebut sudah kami antisipasi,” jelas Susatyo.

Rekayasa Lalu Lintas

Sementara itu Susatyo menyebutkan pihaknya juga telah menyiapkan skema rekayasa lalu lintas. Hal ini akan dilakukan melihat situasi di lokasi demo tersebut.

“Kita lihat nanti jumlah massanya, bila banyak dan eskalasi meningkat, maka arus lintas yang akan mengarah ke depan Gedung DPR RI akan kami alihkan. Penyekatan di Pulau Dua. Kendaraan dari Jalur dalam  tol yang akan menuju pintu keluar tol di depan DPR RI kami tutup dan diluruskan ke arah Slipi,” beber Susatyo.

Susatyo mengimbau kepada para massa aksi agar selalu mematuhi peraturan yang berlaku. Tidak merusak fasilitas umum yang berada di lokasi.

“Kami mengimbau kepada para korlap dan orator untuk melakukan orasi dengan santun dan tidak memprovokasi massa. Lakukan aksi unjuk rasa dengan damai, tidak memaksakan kehendak, tidak anarkis dan tidak merusak fasilitas umum,” tegas Susatyo.

BACA JUGA:   “Birukan” Langit, Penglaju Ber-KRL Pangkas Polusi Jakarta

Selain itu ia juga meminta agar massa aksi dapat menghormati dan menghargai para pengguna jalan lain, yang akan melintas di depan Gedung DPR RI.

“Kami mengimbau kepada semua pihak untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban. Sehingga kegiatan aksi unjuk rasa nanti dapat berjalan dengan aman dan tertib,” ucap Susatyo.

Artikel Terkait

Makin Solid, Koalisi Jakarta Baru akan Gerilya Menangkan Rido

FTNews - Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil mengungkapkan partai...

Terungkap! Ini Pesan Khusus Prabowo Pada Ridwan Kamil

FTNews - Calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil mendapat pesan...