Arab Saudi Ajukan Diri jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Forumterkininews.id, Riyadh- Arab Saudi mengumumkan akan mengajukan tawaran untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034.

Melansir Reuters, pernyataan itu datang hanya beberapa menit setelah Fédération Internationale de Football Association (FIFA) mengundang negara-negara dari kawasan Asia dan Oseania untuk mengajukan penawaran.

“Dipimpin oleh Federasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF), pencalonan untuk tahun 2034 bertujuan untuk menghadirkan turnamen kelas dunia,”kata Badan Sepak Bola Arab Saudi.

“Dan akan mengambil inspirasi dari transformasi sosial dan ekonomi Arab Saudi yang sedang berlangsung. Serta kecintaan Arab Saudi terhadap sepak bola,”imbuh mereka.

Pengumuman Saudi datang tak lama setelah FIFA menunjuk Maroko, Spanyol dan Portugal sebagai tuan rumah Piala Dunia 2030.

Dengan Uruguay, Argentina dan Paraguay menjadi tuan rumah pertandingan pembuka untuk menandai ulang tahun keseratus turnamen tersebut.

Setelah FIFA menyatakan Piala Dunia 2034 akan berlangsung di kawasan Asia atau Oseania, Presiden Konfederasi Sepak Bola Asia Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa, menyambut baik keputusan tersebut.

“Kami sangat yakin hal ini membuka jalan bagi peluang yang lebih adil untuk semua konfederasi untuk mengajukan diri. Dan menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA yang bergengsi,” katanya.

Sementara itu, Piala Dunia 2026 dengan 48 tim akan berlangsung di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Artikel Terkait

PON XXI Kembali Bermasalah, Kini Kaca Venue Basket Pecah

FT News - Rentetan permasalahan sudah terjadi sepanjang penyelenggaraan Pekan...

Kena Tinju IShowSpeed, Seorang Fans Lionel Messi Ini Berubah Pikiran

FT News - Saat ini, seorang Youtuber IShowSpeed sedang mengunjungi...

14 Negara Bela Israel Tolak Resolusi PBB ke Palestina

FT News – Sebanyak 14 negara membela Israel dan...