Arab Saudi akan Bangun Gedung Pencakar Langit Berbahan Cermin

Forumterkininews.id, Riyad- Arab Saudi berencana untuk membangun proyek luar biasa berupa gedung pencakar langit yang tingginya mencapai 1.600 kaki.

Menurut laporan The Wall Street Journal dikutip IndianExpress, gedung pencakar langit diperkirakan menelan biaya sebesar USD 1 triliun. Bangunan tersebut akan terbuat dari kaca cermin, dan merupakan bagian dari proyek bernama ‘Mirror Line’.

Mirror Line telah dibayangkan sebagai pusat kota gurun baru yang disebut Neom. Hal ini sedang dibangun sesuai rencana Putra Mahkota Mohammed bin Salman untuk mendirikan kota nol-karbon dalam jalur 170 km. Neom akan memiliki luas setara dengan Massachusetts di AS.

Dimiliki oleh dana kekayaan negara Arab Saudi, Neom ingin menarik investasi asing dan menciptakan ribuan lapangan kerja baru. Sesuai dokumen, kedua bangunan akan terhubung melalui jalan setapak. Juga kereta berkecepatan tinggi akan beroperasi di bawahnya.

Bangunan delapan sisi itu direncanakan akan membentang dari Teluk Aqaba hingga resor pegunungan, dengan kompleks olahraga yang ditangguhkan, marina hingga kapal pesiar dan kompleks yang akan menampung pemerintah Saudi.

Proyek ini dilaporkan akan menampung lima juta orang, yang akan dapat melakukan perjalanan dari ujung ke ujung dalam waktu 20 menit.

Menurut The Wall Street Journal juga, Mirror Line dirancang oleh Morphosis Architects yang berbasis di AS, yang didirikan oleh pemenang Penghargaan Arsitektur Pritzker Thom Mayne, dan melibatkan setidaknya sembilan konsultan desain dan teknik lainnya, termasuk WSP Global yang berbasis di Montreal dan Thornton dari New York. Tomasetti.

Artikel Terkait