Arab Saudi Izinkan Kunjungan Turis Asing yang Divaksin Sputnik

Forumterkininews.id, Riyadh – Arab Saudi mengizinkan wisatawan asing yang telah divaksinasi dengan suntikan vaksin Sputnik Rusia untuk memasuki negara itu.

“Kerajaan Arab Saudi telah memberikan persetujuan untuk masuknya individu yang divaksin Sputnik V Rusia mulai 1 Januari 2022,” kata Dana Investasi Langsung Rusia (RDIF), yang mendanai pengembangan vaksin Sputnik dalam sebuah pernyataan dikutip AFP.

Keputusan itu, memungkinkan umat Islam dari seluruh dunia yang divaksinasi Sputnik V untuk melaksanakan haji dan umrah ke kot Mekah dan Madinah.

Namun, wisatawan asing yang divaksinasi Sputnik tersebut tetap wajib dikarantina selama 48 jam dan menjalani tes PCR.

Arab Saudi telah bergabung dengan lebih dari 100 negara yang menerima pengunjung yang divaksinasi dengan Sputnik. Dan hanya 15 negara termasuk Amerika Serikat yang saat ini mewajibkan para pelancong untuk disuntik dengan vaksin selain Sputnik.

Wabah virus corona telah memaksa otoritas Saudi selama dua tahun secara dramatis mengurangi kuota haji. Hanya 60.000 warga dan penduduk kerajaan yang telah divaksinasi penuh tahun ini boleh melaksanakan Haji.

Sementara itu, Rusia mendaftarkan Sputnik V pada Agustus 2020 menjelang uji klinis skala besar. Dimana hal ini memicu kekhawatiran di antara para ahli atas proses yang dilacak dengan cepat.

Tetapi vaksin Rusia sejauh ini belum disetujui Organisasi Kesehatan Dunia atau oleh otoritas medis Uni Eropa dan Amerika Serikat.

Artikel Terkait