Arab Saudi Terima Jamah Haji Pertama Sejak Pandemi

Forumterkininews.id, Riyadh – Arab Saudi pada Sabtu (4/6),  menyambut jamaah haji pertama sejak pandemi virus corona.

Rombongan dari Indonesia mendarat di kota Madinah dan akan melakukan perjalanan ke selatan ke kota suci Mekah dalam beberapa minggu mendatang untuk mempersiapkan haji bulan depan.

“Hari ini kami menerima kelompok pertama jemaah haji tahun ini dari Indonesia, dan penerbangan akan dilanjutkan dari Malaysia dan India,” kata Mohammed al-Bijawi dari Kementerian Haji Saudi kepada saluran Al-Ekhbariya yang dikelola pemerintah.

“Hari ini kami senang menerima tamu-tamu Tuhan dari luar kerajaan, setelah dua tahun terhenti karena pandemi,” tambahnya.

Menjadi tuan rumah haji adalah masalah prestise bagi para penguasa Saudi. Karena kunjungan ke situs-situs tersuci Islam di negara itu adalah sumber legitimasi politik mereka yang paling kuat.

Sebelum pandemi, kunjungan jamaah haji adalah penghasil pendapatan utama bagi kerajaan. Dimana dari para jemaah, kerajaan menghasilkan sekitar US $ 12 miliar per tahun.

Ibadah haji tahun ini sendiri akan dibatasi untuk Muslim yang divaksinasi di bawah usia 65 tahun.

Mereka yang datang dari luar Arab Saudi harus mengajukan visa haji. Selanjutnya diharuskan menyerahkan hasil PCR negatif COVID-19 dari tes yang dilakukan dalam waktu 72 jam perjalanan.

Artikel Terkait