AS Buka Perbatasan setelah Ditutup 20 Bulan

Forumterkininews.id, Washington – Amerika Serikat (AS) membuka kembali perbatasan darat dan udaranya untuk pengunjung asing yang sepenuhnya divaksinasi terhadap Covid-19. Dibukanya kembali perbatasan ini sekaligus mengakhiri 20 bulan penutupan yang diberlakukan AS.

Melansir CNA, mulai Senin, (8/11),  AS akan mewajibkan penumpang pesawat untuk divaksinasi sepenuhnya dan dikarantina dalam tiga hari sebelum perjalanan.  Selain itu, maskapai penerbangan juga akan diminta untuk menerapkan sistem pelacakan kontak.

Pembukaan perbatasan darat akan dilakukan dalam dua tahap. Pertama, vaksin akan diperlukan untuk perjalanan “tidak penting”,  seperti kunjungan keluarga atau pariwisata.

Fase kedua, dimulai pada awal Januari, akan mengharuskan semua pengunjung divaksinasi penuh untuk memasuki Amerika Serikat melalui darat, apa pun alasan perjalanan mereka.

Dalam upaya untuk memperlambat penyebaran virus corona, perbatasan AS ditutup pada Maret 2020 untuk pelancong dari sebagian besar dunia, termasuk Uni Eropa, Inggris, Cina, India, dan Brasil.

Pembatasan selama berbulan-bulan yang memengaruhi ratusan juta orang itu memicu penderitaan pribadi dan ekonomi yang disebabkan oleh pandemi Covid-19.

Meskipun perjalanan dari Amerika Serikat ke Eropa telah dibuka sejak musim panas, penduduk asing AS yang memegang visa tertentu tidak memiliki jaminan untuk dapat masuk kembali ke negara itu.

Artikel Terkait