AS dan Indonesia Desak G20 Bersiap Hadapi Pandemi Berikutnya

Forumterkininews.id, Jakarta – Amerika Serikat dan Indonesia melalui Menteri keuangannya pada Selasa (26/10) kemarin, menyerukan agar negara-negara G20 merencanakan tanggapan guna menghadapi ancaman pandemi berikutnya.

Dalam pernyataan bersama, Menteri Keuangan AS Janet Yellen dan Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani Indrawati mengatakan forum menteri kesehatan dan keuangan yang akan digelar pada KTT G20 di Roma adalah jendela politik untuk bertindak mencegah patogen berikutnya menjadi pandemi.

Melansir Reuters, dalam sebuah surat kepada rekan-rekan G20 mereka, kedua menteri keuangan tersebut menambahkan bahwa forum tersebut akan memungkinkan para menteri kesehatan dan keuangan untuk bekerja sama dengan lebih baik dan mengkoordinasikan pencegahan, pendeteksian, pembagian informasi, dan tanggapan apa pun yang diperlukan.

Salinan surat, tertanggal Senin, (25/10), telah diposting pada hari Selasa, oleh Departemen Keuangan AS dan Indonesia.

“Kita tidak boleh kehilangan kesempatan ini untuk menunjukkan kepemimpinan dengan komitmen tegas untuk bertindak,” bunyi salinan itu.

“Kita semua secara pribadi bergulat dengan kerugian manusia dan ekonomi yang mendalam yang ditimbulkan oleh pandemi tanpa batas dan tak kenal ampun ini. Dan sementara kita membuat kemajuan dalam memerangi COVID-19, kita juga menghadapi kenyataan yang pahit – ini bukan pandemi terakhir.”

Diketahui, hingga kiniCOVID-19 telah menewaskan 5,2 juta orang dan menginfeksi 244 juta orang secara global, menurut data Reuters.  Amerika Serikat dan Indonesia, yang memiliki ukuran populasi yang sama, termasuk di antara yang terkena dampak terburuk di wilayah masing-masing.

Artikel Terkait