AS: Dunia Lebih Aman Setelah Kematian Ayman Al-Zawahiri

Forumterkininews.id, Washington- Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan dunia lebih aman setelah kematian pemimpin Al-Qaeda Ayman al-Zawahiri.

“Kami memenuhi komitmen untuk melawan ancaman teroris yang berasal dari Afghanistan. Dunia lebih aman setelah kematian pemimpin al Qaeda Ayman al-Zawahiri. AS akan terus bertindak terhadap mereka yang mengancam negara, rakyat, atau sekutu kita,” katanya, Selasa (2/8).

Pernyataan Blinken datang tak lama setelah Presiden AS Joe mengumumkan serangan pesawat tak berawak milik Amerika menewaskan Al-Zawahiri. Dimana dirinya dianggap sebagai komplotan utama serangan teroris 9/11. Dimana All-Zawahiri mengambil alih sebagai pemimpin al-Qaeda setelah kematian Osama bin Laden di Pakistan pada 2011. Saat itu bin Laden tewas di sebuah rumah persembunyian di Afghanistan.

Al-Zawahiri, 71, adalah orang nomor 2 di al-Qaeda ketika kelompok itu melakukan serangan teror 9/11, dan para pejabat Amerika menganggapnya sebagai komplotan utama.

Meskipun dia tidak memiliki kepemimpinan karismatik seperti Osama bin Laden, dia secara mendalam membentuk al-Qaeda dan gerakan terorisnya dengan tulisan dan argumennya.

Al-Zawahiri telah lama menjadi buronan. Setelah serangan teroris 11 September, Presiden saat itu George W Bush merilis daftar 22 teroris paling dicari FBI, dengan al-Zawahiri di dekat daftar teratas bersama dengan Osama bin Laden.

Artikel Terkait