AS Konfirmasi Kematian Pertama Akibat Cacar Monyet

Forumterkininews.id, Texas – Pihak berwenang Texas mengkonfirmasi kematian pertama di AS terkait dengan cacar monyet. Tetapi mengatakan mereka masih mencari tahu peran apa yang dimainkan penyakit itu dalam kematian pasien.

Sejauh ini, belum ada laporan lain tentang kematian pasien cacar monyet di Amerika Serikat selama wabah baru-baru ini, dan hanya sedikit yang telah meninggal di seluruh dunia.

“Kasus ini sedang diselidiki untuk menentukan peran apa yang dimainkan monkeypox dalam kematian itu,” kata otoritas kesehatan Texas dalam sebuah pernyataan dikutip AFP.

Mereka menyebut  pasien adalah orang dewasa yang sistem kekebalannya sangat lemah.

“Saya pikir penyelidikan tambahan diperlukan untuk mengetahui peran apa yang mungkin atau mungkin tidak dimainkan oleh cacar monyet dalam kematian mereka,” kata Jennifer McQuiston dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit pada konferensi pers.

Sejauh ini, Amerika Serikat telah melaporkan 18.100 kasus cacar monyet. Jumlah infeksi baru tampaknya baru-baru ini sedikit melambat, menurut data dari otoritas kesehatan.

Epidemi ini terutama mempengaruhi pria gay dan biseksual, dan sebagian besar penularan terjadi selama hubungan seksual.

Baca Juga: Makin Ngeri, Kasus Cacar Monyet di AS Capai 17.000

Menurut sebuah studi CDC minggu lalu, sejak mendengar tentang wabah, sekitar setengah dari pria yang berhubungan seks dengan pria lain telah mengurangi jumlah pasangan yang mereka miliki, jumlah one-night stand, atau penggunaan aplikasi kencan.

Amerika Serikat telah memfokuskan tanggapannya terhadap epidemi pada pendistribusian vaksin. Pemerintah telah mengumumkan bahwa dosis akan tersedia secara khusus di acara-acara besar LGBTQ, termasuk “Black Pride” Atlanta, dua acara di Oakland, California, dan festival Dekadensi Selatan di New Orleans akhir pekan ini.

BACA JUGA:   Buru Gengster, El Salvador Terjunkan 10.000 Tentara dan Polisi

Otoritas kesehatan AS juga telah meluncurkan inisiatif untuk menargetkan acara yang lebih kecil, khususnya untuk menjangkau lebih banyak minoritas.

Artikel Terkait