AS Nyatakan Keadaan Darurat Cacar Monyet

Forumterkininews.id, New York- Pemerintah AS  menyatakan cacar monyet sebagai darurat kesehatan masyarakat, lebih dari seminggu setelah Organisasi Kesehatan Dunia menetapkan wabah itu sebagai darurat global.

“Kami siap untuk mengambil tanggapan kami ke tingkat berikutnya dalam mengatasi virus ini dan kami mendesak setiap orang Amerika untuk menganggap cacar monyet dengan serius,” kata Xavier Becerra, sekretaris Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan (HHS), dikutip Xinhua, Kamis (5/8).

Hingga Kamis, Amerika Serikat telah mengkonfirmasi lebih dari 6.600 kasus cacar monyet, hampir 25 persen dari total global 25.800 sejauh ini.

Keadaan darurat kesehatan masyarakat dapat memicu dana hibah dan membuka lebih banyak sumber daya untuk berbagai aspek respons federal. Hal ini juga memungkinkan sekretaris HHS untuk menandatangani kontrak untuk perawatan dan perlengkapan dan peralatan medis lain yang diperlukan, serta mendukung layanan rumah sakit darurat, antara lain.

New York, California dan Illinois, tiga negara bagian teratas dalam hal kasus cacar monyet yang dikonfirmasi di negara itu, telah menyatakan keadaan darurat sebagai tanggapan terhadap wabah tersebut. Beberapa kota, termasuk New York City, San Francisco dan Los Angeles, juga telah membuat deklarasi darurat mereka sendiri.

Meski diumumkan Kamis, pejabat HHS tetap berharap agar cacar monyet tidak mewabah di seluruh AS.

Artikel Terkait