ASEAN Kirim Bantuan untuk Korban Badai Mocha di Myanmar

Forumterkininews.id, Jakarta- Sejumlah Negara ASEAN kompak saling bahu membahu mengirim bantuan untuk para korban Badai Mocha di Myanmar.

Melansir situs resmi Kemlu, Sabtu (20/5), Indonesia sebagai tuan rumah ASEAN 2023, juga turut serta dalam aksi kemanusiaan itu.

Direktur Eksekutif ASEAN AHA Centre dan ASEAN ERAT yang terdiri atas perwakilan Indonesia, Brunei Darussalam, Filipina, Singapura, Thailand, AHA Centre dan ASEC kini telah tiba di Myanmar.

Mereka akan  mendukung upaya tanggap darurat, termasuk mengumpulkan informasi di lapangan dan memfasilitasi rapid needs assessment.

Saat ini, bantuan telah siap dan berada di gudang Disaster Emergency Logistics System for ASEAN (DELSA) di Subang, Malaysia dan Chainat Thailand.

Koordinasi penyediaan alat angkut bantuan dengan menggunakan pesawat militer anggota ASEAN juga telah dilakukan melalui ASEAN Militaries Ready Group on Humanitarian Assistance and Disaster Relief (AMRG on HADR).

Bantuan tanggap darurat pertama menurut rencana akan dilakukan 21 Mei dengan pesawat komersial. Bantuan selanjutnya akan dikirim tanggal 22/23 Mei 2023, menggunakan pesawat militer dari Indonesia, Singapura dan Thailand.

Artikel Terkait