Atlet Voli Putri Afghanistan Dipenggal Taliban

Forumterkininews.id, Kabul- Nasib tragis dialami seorang anggota tim voli remaja putri Afghanistan. Mahjabin Hakimi, begitu nama si atlet tersebut, harus kehilangan nyawanya akibat dipenggal Taliban. Demikian diungkapkan salah satu pelatih voli putri tersebut.

Melansir Metro.co.uk, Jumat (22/10), Mahjabin Hakimi adalah pemain voli sukses dan bintang yang sedang naik daun di klub Kota Kabul. Dia diketahui telah terbunuh awal Oktober, tetapi pelatihnya mengatakan tidak ada seorang pun di luar keluarganya, tahu persis detail keadaannya.

Berbicara kepada Independen Persia, si pelatih yang menggunakan nama samaran Suraya Afzali, mengatakan, atlet wanita di seluruh Afghanistan berada di bawah ‘ancaman serius’ setelah negara itu diambil alih Taliban.

Dia mengatakan, para militan telah mencari mereka, menggeledah rumah-rumah di beberapa kota. Hanya dua anggota tim yang berhasil melarikan diri dari negara itu sejak Taliban mengambil alih.

“Semua pemain tim bola voli dan atlet wanita lainnya berada dalam situasi yang buruk dan dalam keputusasaan dan ketakutan. Semua orang terpaksa melarikan diri dan tinggal di tempat yang tidak diketahui,” kata Suraya.

Bola voli merupakan salah satu olahraga paling populer di Afghanistan. Tim putri dibentuk pada 1978, namun terpaksa dihentikan kegiatannya sejak1992 hingga 2002 akibat perang saudara dan pemerintahan Taliban. Tim dimulai kembali ketika Taliban digulingkan dan telah menerima dukungan kuat dari dalam negeri. *

Artikel Terkait