Australia Resmi Tetapkan Hizbullah Sebagai Organisasi Teroris

Forumterkininews.id, Sydney – Pemerintah Australia resmi menetapkan kelompok Hizbullah sebagai organisasi Teroris.

Menteri Dalam Negeri Australia Karen Andrews mengatakan, kelompok Syiah yang didukung Iran tersebut terus memberi ancaman melalui serangan teroris.

Tidak hanya itu kelompok ini juga memberikan dukungan kepada organisasi teroris hingga menimbulkan ancaman nyata bagi Australia.

Melansir CNA, Hizbullah sendiri menentang dugaan yang menyebut mereka bertindak sebagai bagian dari partai politik, bagian dari kelompok bersenjata dan bagian dari penyedia layanan dasar untuk komunitas Syiah Lebanon.

Mereka mengklaim bertanggung jawab atas beberapa serangan roket ke Israel dan merupakan satu-satunya pihak yang sampai saat ini menolak untuk melucuti senjatanya sejak perang saudara yang menghancurkan negara itu berakhir tahun 1990.

Selain Hizbullah, Andrews juga mengumumkan bahwa Australia akan mendaftarkan kelompok sayap kanan “The Base” sebagai organisasi teroris,

“Mereka adalah kelompok neo-Nazi rasis yang kejam yang diketahui oleh badan keamanan merencanakan dan mempersiapkan serangan teroris,” kata Andrews.

Australia sejak 2003 melarang segala yang berkaitan dengan  Organisasi Keamanan Eksternal Hizbullah. Termasuk menyediakan dana untuk kelompok itu  sekarang akan dilarang di Australia.

Artikel Terkait