Badai Hilary Hantam Meksiko dan AS Barat Daya

Forumterkininews.id, Meksiko City- Badai Hilary telah menyebabkan hujan lebat di sebagian semenanjung California, Meksiko dan Amerika Serikat bagian barat daya pada Sabtu, (19/8).

Melansir AFP, Pusat Badai Nasional AS (NHC) menyebut, badai tersebut telah melemah pada hari Sabtu dari Kategori 4 yang kuat ke Kategori 2 pada skala Saffir-Simpson lima langkah – tetapi masih dianggap mampu menimbulkan kerusakan hingga Minggu pagi.

“Pusat Hilary akan bergerak mendekati pantai barat-tengah Semenanjung Baja California malam ini dan Minggu pagi kemudian bergerak melintasi California selatan pada Minggu siang dan Minggu malam,” kata pusat badai tersebut.

Badai diperkirakan akan melemah menjadi badai tropis sebelum mencapai California selatan dan Nevada selatan, dengan curah hujan tinggi dan banjir masih mungkin terjadi.

Sementara itu, pemerintah Meksiko mengerahkan hampir 19.000 tentara di negara bagian yang paling terkena dampak badai, sementara utilitas listrik federal telah mengirim 800 pekerja dan ratusan kendaraan untuk menangani pemadaman listrik.

Di Amerika Serikat, jumlah curah hujan tiga hingga enam inci (7-15 cm), dengan jumlah terisolasi 10 inci (25 cm), diperkirakan terjadi di bagian selatan California dan selatan Nevada.

Artikel Terkait