Bandung Kembangkan Wisata Religi Bertajuk “Wisata Quran”

FTNews – Syaamil Quran, salah satu institusi peduli akan kitab suci Al-Quran dan penyebarannya, membuat sebuah wisata religi yang bertajuk “Wisata Quran”.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno turut hadir meresmikan kegiatan pariwisata di Bandung ini.

Dalam acara Leaders Forum Wisata Al-Qur’an, Kamis (4/4), Sandiaga mengapresiasi inovasi dan kreativitas dari desain Al-Quran. 

Tidak hanya itu, ia juga mengatakan bahwa ini dapat meningkatkan pemahaman terhadap kitab suci Al-Quran. Selain itu, nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dapat juga dapat tersampaikan.

Wisata Quran merupakan kegiatan pariwisata, di mana para wisatawan dapat melihat proses pembuatan mushaf Al-Quran dari awal hingga akhir.

“Terus terang ini pertama kali saya meresmikan Wisata Quran dan ini betul-betul terobosan baru, inovasi, adaptasi, dan kolaborasi,” papar Sandiaga.

Menparekraf Sandiaga Uno mengamati proses pembuatan Al-Quran. Foto: Kemenparekfar

“Dengan peresmian ini, kita membuka pintu bagi siapapun yang ingin mendalami kekayaan Al-Quran. Wisata ini bukan hanya untuk umat Islam, tetapi untuk seluruh umat manusia yang ingin memahami dan merasakan kehadiran Al-Quran dalam hidup mereka,” lanjutnya.

Tidak hanya itu, ia juga menyampaikan bahwa Wisata Quran ini tidak hanya sebagai pariwisata saja, namun juga termasuk ke dalam sektor ekonomi kreatif. Karena, terdapat dua subsektor kreatif yang menjadi tonjolannya, yaitu penerbitan dan desain.

“Ini saya melihat inovasi dan kreativitas desain Al-Quran ini lebih menarik dan lebih meningkatkan pemahaman kita. Serta, nilai-nilai terkandung dalam Al-Quran ini bisa tersampaikan,” jelas Menparekraf.

Ia juga mengungkapkan bahwa Ramadan menjadi bulan yang istimewa, terutama bagi Al-Quran. Pasalnya, di bulan inilah Al-Quran diturunkan dan menjadi kitab panduan bagi umat muslim.

Dalam bulan ini juga, umat Islam juga sering kali mengisi kegiatan mereka dengan membaca dan memahami isi dari Al-Quran sendiri.

BACA JUGA:   Sekali Seumur Hidup, Yuk! Kunjungi Wisata Terindah di Dunia

“Al-Quran ini adalah petunjuk bagi seluruh umat manusia, sumber ilmu, inspirasi, dan pedoman hidup yang abadi,” ungkap Sandi.

Artikel Terkait