Banjir dan Tanah Longsor di India Tewaskan Puluhan Warga

Forumterkininews.id, Mumbai – Banjir dan tanah longsor yang dipicu oleh hujan monsun. Insiden itu menewaskan sedikitnya 50 orang di India utara dan timur selama tiga hari terakhir, kata para pejabat pada Minggu (21/8).

Melansir Reuters, hujan telah menyebabkan banjir di ratusan desa, menyapu rumah-rumah dan membuat penduduk terdampar ketika tim penyelamat berlomba untuk mengevakuasi mereka.

Awal bulan ini kantor cuaca federal telah memperkirakan bahwa India kemungkinan akan menerima curah hujan rata-rata pada bulan Agustus dan September.

Hujan deras yang diikuti tanah longsor dan banjir di negara bagian Himachal Pradesh di Himalaya selama tiga hari terakhir menewaskan sedikitnya 36 orang, kata seorang pejabat pemerintah negara bagian itu kepada Reuters.

Di negara bagian Uttarakhand yang bergunung-gunung, sebuah rilis resmi pemerintah mengatakan bahwa empat orang tewas dan 13 orang hilang karena hujan yang terus menerus.

“Kami telah mengerahkan helikopter untuk menyelamatkan orang-orang yang terjebak di daerah terpencil karena insiden terkait hujan. Operasi penyelamatan sedang berlangsung dengan lancar,” kata Ranjit Kumar Sinha, seorang pejabat di departemen manajemen bencana Uttarakhand.

Artikel Terkait