Banjir Libya: Korban Tewas Capai 5300 Orang, 10.000 Masih Hilang

Forumterkininews.id, Tripoli- Jumlah korban tewas akibat banjir di Libya dilaporkan telah melampaui 5.300 orang pada Selasa, (12/9), dan 10.000 lainnya kini masih hilang.

“Jumlah korban tewas sangat besar. Ini tidak berlebihan, karena 10.000 orang bahkan masih hilang,”kata Tamer Ramadan, utusan Libya untuk Federasi Internasional Masyarakat Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC) di sidang PBB.

Melansir CBS, lokasi yang paling parah terdampak banjir adalah Derna dimana ribuan orang juga tewas di sana dan jenazahnya kini masih dalam proses evakuasi. Bantuan dari luar baru saja mulai mencapai Derna pada Selasa, lebih dari 36 jam setelah bencana terjadi.

Baca Juga: Mencekam! 2.000 Orang di Libya Tewas Tersapu Banjir

Rekaman juga menunjukkan puluhan jenazah ditutupi selimut di halaman salah satu rumah sakit di Derna. Gambar lain menunjukkan kuburan massal yang dipenuhi mayat. Lebih dari 1.500 jenazah dikumpulkan, dan setengah dari mereka telah dikuburkan pada Selasa malam, kata menteri kesehatan Libya timur.

Kematian dan kehancuran mengejutkan yang ditimbulkan oleh badai Mediterania Daniel menunjukkan intensitas badai tersebut.

Namun juga kerentanan sebuah negara yang terkoyak oleh kekacauan selama lebih dari satu dekade. Dimana Libyta adalah sebuah negara yang terpecah oleh pemerintahan yang bersaing, satu di timur, yang lain di barat, dan akibatnya adalah pengabaian infrastruktur di banyak wilayah.

Artikel Terkait