Banyak Penembakan di Sekolah, Menteri Pendidikan Serbia Mundur

Forumterkininews.id, Beograde-Menteri Pendidikan Serbia Branko Ruzic mengundurkan diri pada  Minggu (7/5), usai tragedi penembakan massal dua hari berturut-turut di sekolah.

Hal itu diungkapkan Ruzic dalam surat pengunduran dirinya kepada Brnabic.

“Sebagai orang yang bertanggung jawab dan dibesarkan dengan baik, sebagai profesional dalam memenuhi semua tugas publik sejauh ini, dan sebagai orang tua serta warga negara Serbia, saya membuat keputusan rasional untuk mengundurkan diri,” kata Ruzic.

Melansir Reuters, negara itu terkejut dan berduka atas dua penembakan: pembantaian sekolah di ibu kota pada hari Rabu dan amukan di luar kota pada hari Kamis yang menewaskan delapan orang.

Baca Juga : Dua Hari Berturut-turut, Penembakan Massal Sasar Serbia

Tersangka dalam kedua kasus tersebut – masing-masing seorang anak laki-laki berusia 13 tahun dan seorang pria berusia 20 tahun – ditahan.

Partai-partai oposisi, yang menyalahkan pemerintah Perdana Menteri Ana Brnabic karena gagal mencegah dua amukan itu, telah meminta para pendukung untuk bergabung dalam pawai anti-pemerintah pada Senin malam di Beograd. Mereka menuntut pengunduran diri Ruzic.

Sementara itu, pemerintah sendiri telah memperkenalkan serangkaian tindakan pekan lalu. Hal ini bertujuan mencegah kekerasan di sekolah dan mengurangi jumlah senjata yang dipegang oleh warga sipil di negara itu.

Karena Serbia memiliki budaya senjata yang mengakar, terutama di daerah pedesaan. Tetapi undang-undang kontrol senjatanya cukup ketat bahkan sebelum penembakan terbaru.

 

 

 

 

Artikel Terkait