Belasan Anak Uzbekistan Tewas usai Minum Obat Sirup Asal India

Forumterkininews.id, Tashkent-  Kementerian Kesehatan Uzbekistan mengatakan sedikitnya 18 anak telah meninggal setelah mengonsumsi sirup obat yang diproduksi oleh produsen obat India Marion Biotech Pvt Ltd.

Kementerian mengatakan 18 dari 21 anak yang mengonsumsi sirup Doc-1 Max saat menderita penyakit pernapasan akut meninggal setelah mengonsumsinya.

Melansir Reuters, obat Itu diketahui dipasarkan di situs web perusahaan sebagai obat untuk gejala pilek dan flu.

Satu batch sirup mengandung etilen glikol, yang menurut kementerian merupakan zat beracun. Sirup tersebut diimpor ke Uzbekistan oleh Quramax Medical LLC, kata kementerian tersebut dalam pernyataannya yang dirilis pada Selasa.

Disebutkan pula sirup tersebut diberikan kepada anak-anak di rumah tanpa resep dokter, baik oleh orang tua atau atas saran apoteker, dengan dosis yang melebihi dosis standar untuk anak-anak.

Marion Biotech, Quramax Medical dan kementerian kesehatan India tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Reuters.

Sumber pemerintah India mengatakan kementerian kesehatan sedang menyelidiki masalah ini.

India pada hari Selasa meluncurkan inspeksi beberapa pabrik obat di seluruh negeri untuk memastikan standar kualitas tinggi.

Insiden Uzbekistan mengikuti insiden serupa di Gambia, di mana kematian sedikitnya 70 anak disebabkan oleh sirup obat batuk dan flu yang dibuat oleh Maiden Pharmaceuticals Ltd yang berbasis di New Delhi.

Baik pemerintah India maupun perusahaan telah membantah bahwa obat-obatan itu berbahaya.

Artikel Terkait