Belasan Orang Tewas saat Badai Hantam Filipina Sepekan Terakhir

Forumterkininews.id, Manila- Setidaknya 11 orang tewas dalam badai di seluruh Filipina dalam sepekan terakhir yang dimulai sejak 3 Januari 2023.

Melansir Reuters, cuaca buruk melanda pulau-pulau selatan dan tengah negara itu sejak akhir pekan Natal ketika hujan deras memicu banjir dan tanah longsor yang menewaskan 52 orang dan memaksa ratusan ribu orang meninggalkan rumah mereka.

Sejak 3 Januari, badai berturut-turut telah menewaskan 11 orang saat air banjir menyapu rumah-rumah, memutus jalan, dan membanjiri tanaman.

Badan cuaca Filipina juga memperingatkan pada hari Selasa tentang potensi banjir di daerah dataran rendah dan tanah longsor di pegunungan pulau tengah Samar.

Petugas bencana provinsi Samar Utara Josh Echano menyebut sejauh ini, satu orang hilang dan lebih dari 2.200 orang telah dievakuasi dari rumah mereka.

Jumlah pengungsi diperkirakan akan bertambah.

“Banjir terus berlangsung sejak kemarin (Senin), tidak kunjung surut,” kata Echano dalam keterangannya, Selasa

“Ini bisa berakibat fatal. Ini bisa jadi salah satu (banjir) terparah,” tambah Echano sebagai peringatan.

Diketahui, Filipina berada di antara negara-negara yang paling rentan terhadap dampak perubahan iklim, dan para ilmuwan telah memperingatkan bahwa badai menjadi lebih kuat saat dunia menjadi lebih hangat.

Artikel Terkait