Belasan WNI Korban Penipuan Scam Kamboja Berhasil Dipulangkan

Forumterkininews.id,Phnom Penh- Kementerian Luar Negeri beserta  KBRI Phnom Penh telah memulai proses pemulangan para WNI yang menjadi korban penipuan perusahaan online Scam di Kamboja. 

Pada tahap pertama, sebanyak 12 orang telah tiba dengan selamat di Bandara Soekarno Hatta pada Jumat (5/8) malam  dengan menumpang pesawat Garuda.

Terkait hal ini, pihak Kemlu yang sudah mengeluarkan pernyataan resmi. Salah satu pernyataannya yakni penanganan para korban. Dimana selama berada di Phnom Penh, korban ditampung sementara di tempat yang disediakan KBRI.

Sambil dilakukan asesmen awal guna mengetahui kondisi fisik dan psikologis para korban. Serta informasi lainnya yang dapat dimanfaatkan bagi kepentingan penanganan rehabilitasi korban, juga penegakkan hukum bagi perekrut.

Ke-12 orang tersebut akan diinapkan di Rumah Perlindungan dan Trauma Center (RPTC) Kementerian Sosial RI guna penanganan selanjutnya.

Kementerian Luar Negeri juga berkoordinasi dengan Kepolisian RI untuk mendalami kasus ini, termasuk dugaan Tindak Pidana Perdagangan Orang.

Paska rehabilitasi di RPTC, ke-12 WNI tersebut akan dipulangkan ke daerah asal masing. Ke-12 orang tersebut berasal dari Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Kepri, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan.

Pemulangan tahap selanjutnya akan dilaksanakan segera dalam beberapa hari ke depan menyesuaikan ketersediaan penerbangan.

Artikel Terkait