Berbagi Bantuan, Turki Buka Dua Gerbang Perbatasan dengan Suriah

Forumterkininews.id, Ankara- Turki  sedang bekerja membuka dua gerbang perbatasan lagi dengan Suriah untuk memungkinkan pengiriman bantuan kemanusiaan ke tetangganya yang juga menderita gempa besar.

“Gerbang perbatasan Cilvegozu terbuka. Kami bekerja untuk membuka dua gerbang lagi… Kami juga memberikan dukungan yang diperlukan untuk bantuan mencapai Suriah,”kata Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu dikutip Reuters, Rabu (8/2).

Sementara itu, Juru Bicara Sekretaris Jenderal PBB Stephane Dujarric mengatakan jalan menuju Penyeberangan Perbatasan Bab al-Hawa dari Turki ke Suriah utara rusak, dan pengiriman bantuan ke barat laut yang dikuasai pemberontak untuk sementara terganggu.

PBB sedang mempersiapkan konvoi untuk menyeberang ke Suriah, tetapi itu kemungkinan akan membutuhkan kesepakatan baru dengan pemerintah Presiden Suriah Bashar al-Assad, tambah Dujarric.

Bab al-Hawa, di seberang gerbang Cilvegozu Turki,  adalah satu-satunya penyeberangan di mana bantuan PBB diizinkan masuk ke daerah tersebut.

Sejauh ini, banyak negara dan lembaga bantuan global juga telah menawarkan tim penyelamat dan pasokan bantuan ke daerah yang dilanda gempa di Turki dan Suriah.

Artikel Terkait