Bersih-bersih, Filipina Desak Ratusan Polisi Berpangkat Tinggi Mundur

Forumterkininews.id, Manila- Filipina telah mendesak ratusan polisi berpangkat tinggi untuk mengundurkan diri, Karena pemerintah berusaha untuk membersihkan polisi koruptor di negara itu.

Pada hari Rabu, (4/1),  sekretaris dalam negeri Benjamin Abalos mendesak semua kolonel dan jenderal – total sekitar 300 orang dari 227.000 pasukan polisi – untuk menawarkan pengunduran diri.

Hal itu terjadi setelah adanya penyelidikan yang menemukan bahwa segelintir dari mereka terlibat dalam perdagangan narkotika.

“Mereka dapat terus bekerja sementara catatan mereka dinilai oleh komite beranggotakan lima orang. Mereka yang dinyatakan bersalah akan menerima pengunduran diri mereka,” kata Abalos dikutip Aljazeera.

“Jika Anda tidak terlibat, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Siapa pun yang tidak mengajukan pengunduran diri mereka akan dipertanyakan”, tambahnya.

Abalos menggambarkan pendekatan tersebut sebagai jalan pintas setelah penyelidikan sebelumnya terhadap petugas yang diduga korup membutuhkan waktu lama dan hanya menghasilkan sedikit hasil.

Diketahui, Ini bukan kali pertama  tindakan  seperti itu digunakan untuk membersihkan kepolisian Filipina.

Sebelumnya, mantan presiden Fidel Ramos menindak polisi pada awal 1990-an, memerintahkan semua petugas yang berusia di atas 56 tahun atau dengan masa kerja lebih dari 30 tahun untuk mengundurkan diri. Akibatnya, Kepala polisi dan sembilan perwira senior lainnya mengundurkan diri.

Artikel Terkait