Bertemu Jokowi di G20, Biden Janjikan Investasi USD700 Juta

Forumterkininews.id, Bali – Presiden Amerika Serikat Joe Biden menggarisbawahi pentingnya hubungan strategis dan menjanjikan kemitraan baru dengan Indonesia.

Hal itu diungkapkan Biden saat menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di sela-sela KTT G20 Bali, Senin (14/11) siang.

Dalam pertemuan itu, Biden mengatakan kedua negara harus bekerja sama mengejar masa depan yang lebih baik. Dia juga mengumumkan rincian kemitraan baru yang akan diresmikan saat puncak KTT G20, Selasa (15/11).

Dikatakan Biden, melalui Millennium Challenge Corporation – sebuah badan bantuan asing yang didirikan oleh AS -  hampir USD700 juta akan diinvestasikan untuk mengembangkan transportasi dan infrastruktur berkualitas tinggi di Indonesia.

“Besok, kami akan mengungkap kemitraan baru yang transformatif untuk mendukung transisi energi bersih di Indonesia.”kata Biden dikutip CNA.

Tak hanya itu, kedua pemimpin juga membahas kepemimpinan Indonesia untuk tahun 2023 mendatang sebagai ketua ASEAN.

Di sisi lain, pembicaraan AS- Indonesia dilakukan menjelang pertemuan bilateral yang sangat dinantikan antara Biden dan Presiden China Xi Jinping. Dimana rencananya pertemuan ini digelar hari Senin.

Ini akan menjadi pertemuan tatap muka pertama mereka sejak Biden menjabat hampir dua tahun lalu. Juga saat hubungan antara dua negara adidaya itu berada pada titik terendah dalam beberapa dekade.

Artikel Terkait