Bertemu, Kim Jong Un-Putin Bahas Perang Ukraina

Forumterkininews.id, Moskow- Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu di Moskow pada Rabu (13/9), keduanya membahas masalah militer, perang di Ukraina dan kemungkinan bantuan Rusia untuk program satelit Korea Utara.

Melansir AFP, sebelum sesi pertemuan itu, Putin mengajak Kim berkeliling tempat peluncuran roket luar angkasa tercanggih Rusia di Timur dan membahas kemungkinan pengiriman kosmonot Korea Utara ke luar angkasa.

“Kim bersulang dengan segelas anggur Rusia untuk kesehatan Putin. Tentara dan rakyat Rusia pasti akan meraih kemenangan besar dalam perjuangan suci untuk menghukum kejahatan besar yang mengklaim hegemoni dan menyuburkan ilusi ekspansionis,” kata Kim sambil mengangkat gelasnya.

Putin dan Kim saling memanggil “kawan” saat makan siang dan Putin berulang kali mengingatkan Kim bahwa Uni Soviet-lah yang mendukung Korea Utara – dan merupakan negara pertama yang mengakuinya setelah 75 tahun sejak negara itu didirikan.

Baca Juga: Terungkap, Ini Tujuan Kim Jong Un Lawatan ke Rusia

Sementara itu, para pejabat AS dan Korea Selatan telah menyatakan kekhawatirannya bahwa Kim dapat memberikan senjata dan amunisi kepada Rusia, yang telah menghabiskan banyak persediaan senjata dalam lebih dari 18 bulan perang di Ukraina.

Akan tetapi, Moskow dan Pyongyang membantah niat tersebut yang sempat membuat pihak AS ketar ketir.

Artikel Terkait