Bertemu Minggu Ini, G7 Akan Bahas Strategi Lawan Rusia

Forumterkininews.id,Tokyo – Menteri Keuangan Jepang. Shunichi Suzuki menyebut para pemimpin keuangan Kelompok Tujuh (G7) akan bertemu pada 23 Februari mendatang untuk membahas langkah-langkah melawan Rusia untuk mengakhiri perang Ukraina,

Jepang, akan memimpin pertemuan para menteri keuangan dan gubernur bank sentral dari negara-negara G7 di kota Bengaluru, India. Pertemuan itu akan berlangsung hampir setahun sejak Rusia menginvasi Ukraina.

“Dukungan untuk Ukraina dan sanksi terhadap Rusia akan menjadi topik utama diskusi. Kami akan terus berkoordinasi erat dengan G7 dan komunitas internasional untuk meningkatkan efek sanksi untuk mencapai tujuan akhir mendorong Rusia mundur,” kata Suzuki dikutip Reuters, Selasa (21/2).

Jepang memimpin pertemuan tingkat menteri G7 tahun ini menjelang pertemuan puncak para pemimpin G7 pada 19-21 Mei di Hiroshima. G7 terdiri dari Inggris, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, dan Amerika Serikat.

Pertemuan G7 akan diikuti akhir pekan ini dengan pertemuan yang lebih luas dari para pemimpin keuangan G20 dari ekonomi utama dunia, yang akan diselenggarakan di Bengaluru oleh India, yang memiliki kepresidenan G20.

Pertemuan juga akan membahas inflasi yang meningkat akibat perang Rusia, harga energi dan pangan, serta dukungan untuk ekonomi pasar berkembang yang menghadapi masalah utang.

Artikel Terkait