Besok, Jepang Mulai Buang Air Limbah Radioaktif Fukushima

Forumterkininews.id, Jakarta – Pemerintah Jepang memutuskan mulai membuang air limbah radioaktif yang telah mereka olah dari pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Fukushima ke laut pada 24 Agustus 2023.

Tokyo Electric Power Company (TEPCO) yang mengelola PLTN Fukushima Daiichi tengah melakukan persiapan pembuangan air radioaktif itu.

“Jepang akan mengambil tindakan sebisa mungkin untuk menjamin keamanan pembuangan limbah ke laut. Bahkan setelah pembuangan limbah tersebut dimulai. Tidak akan membuang limbah apa pun yang berdampak buruk terhadap kesehatan atau lingkungan,” kata pemerintah Jepang dalam keterangan tertulis kedutaan besarnya di Jakarta, Rabu melansir Antara.

Pemerintah Jepang berjanji akan terus melakukan tiga jenis pemantauan. Upayanya yakni pemantauan olahan air dalam tangki, pemantauan real-time, dan pemantauan wilayah laut secara berlapis dengan keterlibatan Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA).

Jika terjadi tingkat radioaktivitas melebihi standar, maka pemerintah Jepang akan mengambil tindakan yang tepat. Termasuk tidak membuang atau menghentikan pelepasan.

IAEA juga akan terus terlibat secara independen. Selanjutnya, hasil pemantauan akan Pemerintah Jepang dan TEPCO publikasikan baik di dalam negeri maupun internasional.

“Pemerintah Jepang dan TEPCO akan terus melakukan segala upaya untuk memastikan pembuangan yang aman, dengan terus melibatkan IAEA, termasuk peninjauannya,” katanya.

Mengenai keamanan pembuangan air limbah ke laut, Jepang berkilah sudah merujuk laporan IAEA yang rilis Juli lalu. Mereka menyebut rencana pelepasan air limbah ke laut sudah sesuai dengan standar keselamatan internasional. Dampak radiasi terhadap manusia dan lingkungan bisa diabaikan.

Pemerintah Jepang menegaskan akan mendukung kelangsungan mata pencarian nelayan lokal. Mereka pun akan terus menjalani tinjauan IAEA, memperkuat, memperluas pemantauan dan menyebarkan informasi hasil pengukuran yang mudah dipahami.

Artikel Terkait