Biden Bersumpah AS Bakal Ungkap Asal-usul Covid-19

Forumterkininews.id, Washington- Presiden Amerika Serikat, Joe Biden telah bersumpah bahwa pemerintahannya akan mengungkap sebanyak mungkin informasi tentang asal-usul Covid-19. Termasuk kemungkinan kaitan apa pun dengan laboratorium penelitian China.

Setelah memerintahkan badan intelijen termasuk FBI untuk menyelidiki dari mana virus itu berasal pada tahun 2021, Biden kini telah menandatangani undang-undang yang mewajibkan setiap detail yang terungkap untuk dipublikasikan.

“Kita perlu mengetahui asal-usul COVID-19 untuk membantu memastikan kita dapat mencegah pandemi di masa depan dengan lebih baik,” katanya dikutip SkyNews, Selasa (21/3).

RUU Biden, yang menurutnya hanya akan membatasi pembagian informasi apa pun yang akan membahayakan keamanan nasional, dengan mudah disahkan oleh Senat dan Dewan Perwakilan Rakyat.

Itu terjadi setelah direktur FBI Christopher Wray mengungkapkan agensi tersebut mengira virus itu “kemungkinan besar” berasal dari kebocoran laboratorium China.

Dia mengatakan Beijing – yang secara konsisten menolak penilaian itu – melakukan yang terbaik untuk mencoba menggagalkan dan mengaburkan upaya internasional untuk mempelajari lebih lanjut tentang asal-usul pandemi.

“Pemerintahan saya akan terus meninjau semua informasi rahasia yang berkaitan dengan asal-usul COVID-19, termasuk kemungkinan tautan ke Institut Virologi Wuhan.” tandas Wuhan.

Tak hanya itu, Departemen Energi AS juga dilaporkan menilai dengan keyakinan rendah bahwa pandemi tersebut diakibatkan oleh kebocoran laboratorium yang tidak disengaja di China.

Artikel Terkait