Biden Calonkan Eks CEO Mastercard Pimpin Bank Dunia

Forumterkininews.id, Washington- Presiden Amerika Serikat, Joe Biden telah menominasikan mantan Kepala Eksekutif Mastercard Ajay Banga sebagai kandidat untuk memimpin Bank Dunia, setelah pemimpinnya saat ini mengumumkan rencana untuk mundur lebih awal.

Melansir Reuters, presiden Bank Dunia biasanya orang Amerika, sedangkan pemimpin Dana Moneter Internasional (IMF) biasanya orang Eropa.

Ajay Banga, 63, adalah orang India-Amerika dan saat ini menjabat sebagai wakil ketua di perusahaan ekuitas General Atlantic.

Dia sebelumnya adalah kepala eksekutif di Mastercard, dan juga bertugas di dewan Palang Merah Amerika, Kraft Foods dan Dow Inc.

“Banga memiliki pengalaman kritis memobilisasi sumber daya publik-swasta untuk mengatasi tantangan paling mendesak di zaman kita, termasuk perubahan iklim,” kata Biden dalam sebuah pernyataan.

Pekan lalu, Presiden Bank Dunia saat ini David Malpass mengatakan dia akan mundur hampir setahun lebih awal, mengakhiri masa jabatan yang diselimuti oleh pertanyaan tentang sikap iklimnya.

Malpass, yang diangkat ke jabatan itu pada 2019 ketika Donald Trump menjadi presiden, semula akan mengakhiri masa jabatannya pada 2024.

Pencalonan Banga juga datang di tengah dorongan bagi Bank Dunia untuk mengubah dan mengatasi masalah global seperti masalah lingkungan secara lebih efektif.

Artikel Terkait