Biden dan Trudeau Desak Rusia Bebaskan Jurnalis WSJ

Forumterkininews.id, Moskow- Presiden AS Joe Biden dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau  mendesak Rusia segera membebaskan jurnalis  Wall Street Journal yang ditangkap  atas tuduhan mata-mata.

“Perdana menteri dan presiden Biden berbicara tentang penahanan ilegal Rusia terhadap reporter Wall Street Journal Evan Gershkovich dan menyerukan pembebasannya segera,” kata kantor Trudeau dalam sebuah pernyataan dikutip Reuters.

Pusat Hubungan Masyarakat Layanan Keamanan Federal Rusia (FSB) mengatakan sebelumnya bahwa Gershkovich bertindak atas perintah pihak AS untuk mengumpulkan informasi.

Baca Juga : Rusia Tangkap Jurnalis WSJ yang Diduga Mata-mata

Yang merupakan rahasia negara tentang kegiatan perusahaan di dalam kompleks industri militer Rusia. Dia ditahan di Yekaterinburg minggu lalu.

Penyelidik FSB membuka kasus pidana terhadap warga negara AS itu berdasarkan Pasal 276 KUHP Rusia terkait spionase. Pada 30 Maret, pengadilan Distrik Lefortovo, Moskow, memberikan sanksi penangkapan Gershkovich hingga 29 Mei.

Merespon hal itu,  The Wall Street Journal telah merilis pernyataan yang mengungkapkan keprihatinan mendalam atas keselamatan Gershkovich. Pria berusia 32 tahun itu juga diketahui merupakan wartawan The Wall Street Journal biro Moskow.

Artikel Terkait