Biden Perintahkan Evakuasi Diplomat AS di Sudan

Forumterkininews.id, Khartoum – Presiden Amerika Serikat, Joe Biden menegaskan akan evakuasi para diplomat dan keluarganya dari Sudan.

“Hari ini, atas perintah saya, militer Amerika Serikat melakukan operasi untuk mengeluarkan personel pemerintah AS dari Khartoum,” katanya.

Tepatnya berapa banyak orang yang diterbangkan dari Sudan belum dikonfirmasi. Namun sebelum operasi hari Sabtu, CBS News, mitra BBC AS, melaporkan rencana untuk mengevakuasi sekitar 70 pegawai pemerintah.

Biden mengkonfirmasi kedutaan di Khartoum sekarang ditutup: “Kami untuk sementara menangguhkan operasi di kedutaan AS di Sudan.”

“Saya menerima laporan rutin dari tim saya tentang pekerjaan berkelanjutan mereka untuk membantu orang Amerika di Sudan, sejauh mungkin. Kami juga bekerja sama dengan sekutu dan mitra kami dalam upaya ini,” kata Biden.

Dia mengutuk “kekerasan tragis” di Sudan, dengan mengatakan “itu tidak masuk akal dan harus dihentikan”.

“Pihak-pihak yang berperang harus menerapkan gencatan senjata segera dan tanpa syarat, mengizinkan akses kemanusiaan tanpa hambatan, dan menghormati keinginan rakyat Sudan,” lanjutnya.

Artikel Terkait