Biden: Rudal Polandia Tak Mungkin Dikirim dari Rusia

Forumterkininews.id, Bali - Presiden AS Joe Biden meragukan asal muasal rudal yang menghantam Polandia dan menewaskan dua orang pada Selasa malam, dengan mengatakan rudal itu tidak mungkin ditembakkan dari Rusia.

Biden berbicara  dengan para pemimpin G7 dan NATO di sela-sela KTT G20 Bali, Rabu (16/11). Pembicaraan darurat digelar usai insiden yang menghantam gudang biji-bijian di Przewodow, dekat perbatasan Polandia dengan Ukraina.

“Saya tidak ingin mengatakan itu sampai kita benar-benar menyelidikinya. Tetapi tidak mungkin peluru itu ditembakkan dari Rusia, kita lihat saja nanti,” kata Biden dikutip SkyNews.

Rudal tersebut telah memicu pembicaraan khawatir tentang Pasal 5 NATO. Yang berarti bahwa serangan terhadap negara anggota dipandang sebagai serangan terhadap semua negara anggota.

Sejumlah negara dan sekutu NATO menggunakan Twitter untuk menyuarakan dukungan mereka untuk Polandia. Termasuk PM Inggris Rishi Sunak, yang menegaskan kembali solidaritas Inggris dengan Polandia.

Namun demikian. Presiden Polandia Andrzej Duda mengatakan negaranya sangat mungkin untuk mengajukan Pasal 4 hari ini. Dimana dengan pasal tersebut dimungkinkan negara anggota untuk mengangkat masalah keamanan dan mendiskusikannya.

Artikel Terkait