Biden Sebut Invasi Rusia ke Ukraina Sebagai Genosida

Forumterkininews.id, Washington -  Presiden AS Joe Biden menyebut invasi Rusia ke Ukraina sama halnya dengan genosida. Karena Presiden Vladimir Putin mengatakan Rusia akan secara berirama dan tenang melanjutkan operasinya dan mencapai tujuannya.

“Saya menyebutnya genosida karena semakin jelas, Putin mencoba menghapus gagasan untuk bisa menjadi orang Ukraina. Buktinya semakin banyak,” kata Biden, Selasa (12/4) dikutip CNA.

Biden berulang kali menyebut Putin sebagai penjahat perang, tetapi kali ini presiden AS itu nampaknya telah meningkatkan retorikanya untuk menuduh Rusia melakukan genosida.

“Kami akan membiarkan pengacara memutuskan secara internasional apakah itu memenuhi syarat atau tidak, tetapi tampaknya seperti itu bagi saya,” tandasnya

Rusia telah berulang kali membantah menargetkan warga sipil dan mengatakan tuduhan Ukraina dan Barat tentang kejahatan perang dibuat-buat. Kantor berita Interfax Ukraina pada hari Rabu mengutip kepala polisi distrik Kiev. Dimana kepala polisi mengatakan, 720 mayat ditemukan di wilayah sekitar ibukota. Kemudian lebih dari 200 orang hilang.

Rusia mengatakan pihaknya meluncurkan “operasi militer khusus” pada 24 Februari untuk demiliterisasi dan “denazifikasi” Ukraina. Kiev dan sekutu Baratnya menolak itu sebagai dalih palsu untuk invasi.

Serangan Moskow selama hampir tujuh minggu, yang merupakan serangan terbesar di negara Eropa sejak 1945, telah menyebabkan lebih dari 4,6 juta orang melarikan diri ke luar negeri, membunuh atau melukai ribuan dan membuat Rusia semakin terisolasi di panggung dunia.

Artikel Terkait