Biden Umumkan Keadaan Darurat saat AS Dihantam Tornado Dahsyat

Forumterkininews.id, Mississippi- Presiden Amerika Serikat Joe Biden telah mengumumkan keadaan darurat di Mississippi. Hal inisetelah tornado dahsyat menewaskan sedikitnya 26 orang sejak Jumat, (24/3).

“Jill dan saya berdoa bagi mereka yang kehilangan orang-orang terkasih dalam tornado dahsyat di Mississippi dan mereka yang kehilangan orang-orang terkasih,” kata Biden dalam cuitannya di Twitter, Minggu (26/3).

“Saya juga berbicara dengan @FEMADeanne, yang telah mengerahkan personel dan sumber daya tanggap darurat untuk mendukung pencarian dan penyelamatan serta menaksir kerusakan. Kami akan melakukan semua yang kami bisa untuk membantu. Kami akan bekerja sama untuk memberikan dukungan yang Anda butuhkan untuk pulih, selama diperlukan,”papar Biden.

Melansir SkyNews, pengumuman keadaan tersebut akan membuat dana federal tersedia untuk wilayah  Carroll, Humphreys, Monroe dan Sharkey. Serta tempat-tempat yang paling parah dilanda badai.

Badai juga meninggalkan jejak kehancuran di salah satu wilayah termiskin di AS. Saat badai dahsyat itu mengobrak-abrik beberapa kota dalam perjalanannya selama satu jam.

Selain itu, angin kencang meratakan seluruh jalan, melenyapkan rumah-rumah, merobek sebuah menara gereja dan menumbangkan menara air kota.

Bahkan saat pemulihan dimulai, risiko cuaca buruk lebih lanjut tetap ada, termasuk angin kencang, hujan es besar, dan kemungkinan lebih banyak tornado di Louisiana timur, Mississippi tengah selatan, dan Alabama tengah selatan.

Menurut data dari Layanan Cuaca Nasional, tornado mencapai hembusan antara 166 mph dan 200 mph.

Artikel Terkait