BKSAP DPR Komitmen Selesaikan Konflik Myanmar

Forumterkininews.id, Jakarta- Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon menegaskan  komitmen BKSAP mengenai rancangan resolusi penyelesaian konflik Myanmar.

Pernyataan Fadli datang sebagai respon terhadap perkembangan situasi terkini di Myanmar. Ia juga menyampaikan bahwa strategi diplomasi parlemen DPR RI melalui (AIPA) mengalami perubahan, sejak terjadinya kudeta oleh Junta Militer Myanmar.

“Kami kemudian menyadari, bahwa kalau kita menginginkan isu kemanusiaan Rohingya segera diselesaikan, maka krisis yang lebih luas di Myanmar harus juga segera dicarikan solusinya,” tegas Fadli dalam keterangannya, Selasa (20/6).

Lebih jauh kata Fadli, hal ini sejalan dengan Presidensi DPR RI di AIPA tahun ini. Yang bertema ‘Responsive Parliament for Stable and Prosperous ASEAN’.

“Bahwa sebagai perwakilan rakyat, parlemen harus semakin responsif terhadap tantangan di kawasan yang memiliki dampak pada masyarakat ASEAN. Ini penting, dalam rangka penguatan AIPA sekaligus mendukung organisasi ASEAN agar semakin relevan,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui, perjuangan diplomasi parlemen DPR RI pada Sidang Umum AIPA ke-43 di Kamboja 2022 lalu juga berhasil menggalang dukungan dari parlemen negara-negara ASEAN.

Dukungan tersebut secara rinci tertuang dalam bentuk dokumen politik. Berupa resolusi yang disepakati bersama pada Sidang Umum AIPA yang ke-43 di Phnom Penh, Kamboja. Dengan judul ‘Diplomasi Parlemen untuk Implementasi 5 Poin Konsensus’.

Artikel Terkait