Black Box Warna Orange Pesawat China Eastern Ditemukan

Forumterkininews.id, Beijing -  Satu dari dua kotak hitam (black box) milik pesawat China Eastern yang jatuh di lereng gunung wilayah Tengxian, China ditemukan, Rabu (23/3).

Otoritas penerbangan China mengatakan, perangkat itu adalah Voice Cockpit Recorder (VCR) perekam suara kokpit.

“Unit penyimpanan data di kotak hitam relatif lengkap meskipun ada beberapa kerusakan,” ujar pejabat di Administrasi Penerbangan Sipil China (CAAC), Zhu Tao, dikutip Reuters. Zhu menambahkan, kotak hitam tersebut saat ini sedang dikirim ke Beijing untuk diselidiki lebih lanjut .

Dari rekaman video evakuasi terlihat tim penyelamat memulihkan kotak berwarna oranye terang itu dan memasukkannya ke dalam kantong plastik bening.

Sejauh ini, penyebab kecelakaan belum diketahui. Otoritas penerbangan juga memperingatkan bahwa penyelidikan mereka akan sangat sulit karena kerusakan parah pada pesawat.

Seperti diketahui, dalam tiap pesawat terdapat dua unit Black Box. Satu unit merupakan Flight Data Reccorder (FDR). Kemudian satu lagi Voice Cockpit Recorder (VCR).

FDR sendiri merekam hal-hal seperti kecepatan udara, ketinggian, percepatan vertikal, dan aliran bahan bakar.

Sementara, CVR, sesuai namanya, merupakan rekaman percakapan di dalam kokpit. Rekaman ini memungkinkan analisis kejadian berdasarkan percakapan mereka sehingga memperkuat catatan data FDR.

Artikel Terkait